RSS

Kaligrafi yang menyesatkan, Waspadalah !!!

12 Nov

Bisa dipastikan, hampir tak seorang pun umat Islam yang tidak menyukai kaligrafi Islam yang memuat ayat-ayat tertentu dari Al-Qur an. Misalnya, kaligrafi khat Arab bacaan Allah, Muhammad, Basmalah, ayat Kursi, surat Al-Fatihah, dsb. Ini adalah hal yang baik dan perlu dilestarikan. Sebab memajang ayat-ayat dengan tulisan indah di rumah adalah salah satu ekspresi kecintaan kepada Al-Qur’an. Tetapi, untuk kaligrafi model satu ini dan kaligrafi lainnya yang sejenis, kaum Muslimin jangan tertipu oleh
musang berbulu ayam. Sebab kaligrafi ini pun indah dan dijual bebas di berbagai toko buku. Kaligrafi melingkar ukuran setengah meter persegi ini bagian tengahnya bertuliskan ‘abana’ yang berarti bapa kami. Dalam
teologi Kristen, kata ini berarti Allah (Allah Bapak). Lihat dibawah ini

kaligraphy sesat

Bila dibaca dengan teliti, maka bacaan yang lengkap adalah abana alladzi fis-samawati… dst. Tanyakanlah kepada ustadz yang hafal Al-Qur’an, ayat tersebut ada di surat
apa dan ayat berapa? Pasti ustadz tersebut akan geleng-geleng kepala seraya menjawab bahwa itu bukan ayat Al-Qur’an.
Jawaban ini tepat sekali, karena kaligrafi ini bukan Al-Qur’an, tapi ayat Bibel, salah satunya adalah tepatnya Injil Matius pasal 6 ayat 9-13 yang terjemahan Indonesianya demikian… Karena itu berdoalah demikian: Bapak kami yang di sorga, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.
Entah sudah berapa banyak kaum Muslimin yang menghiasi rumahnya dengan ayat Bibel berupa kaligrafi kristiani tersebut, mengingat kaligrafi itu dijual di seluruh Indonesia. Padahal sebutan Bapak Kami kepada Allah
SWT adalah kesalahan besar yang bertentangan dengan Al-Qur’an surat Al-Ikhlash.

lihat pula yang berikut ini, dari injil matius

surat matius di injil

Matius lingkaran

waspadalah…!!!

Sebarkan informasi ini kepada saudara saudara sesama Muslim

 

Note: 25 Mei 2015

saya mendapati ada warga muslim yang tidak tahu menahu dan membeli jacket ini, dan dia memang bisa baca Quran, namun tidak begitu tahu artinya, semoga menjadi pembelajaran untuk umat Muslim agar memahami Quran bukan sekedar bisa baca, namun juga memahami isinya dan artinya

mgaco

Iklan
 
29 Komentar

Ditulis oleh pada November 12, 2008 in Islam, Kristologi, Uncategorized

 

29 responses to “Kaligrafi yang menyesatkan, Waspadalah !!!

  1. agusray

    Oktober 1, 2009 at 3:49 am

    betul… ni perlu diluruskan dan dipahami oleh kaum muslimin

     
  2. pater noster

    Maret 23, 2012 at 2:13 am

    Tuk semua saudara kami yg beragama Muslim.
    Ketahuilah bahwa kaligrafi ini bkn penyesatan akan ajaran Muslim yg kalian percaya & kalian jalani.
    Kaligrafi DOA BAPA KAMI yg kalian ketahui ini memang bnyk di gunakan oleh sebagian besar penganut Kristen di Timur Tengah (Kristen Ortodok, Kristen Koptik, dll).
    Ini hanya penggunaan bahasa yg memang kebetulan sama.
    Jd dpt di simpulkan bhw ni tak ada unsur penyesatan ataupun yg lainnya.

     
    • indrawidjaja

      April 6, 2012 at 4:29 am

      Akan lain halnya jika memang dijual dan diedarkan diarea yang semestinya, namun alangkah salahnya apabila kami menemukan kaligrafi ini dijual bahkan hampir gratis di kampung2

      Yang menyesatkan dalam hal ini adalah bagaimana kaligrafi ini sijual keliling yg bahkan bukan orang Islam yg menjualnya, dan disampingkan juga dengan jualan buku tentang Islam lainnya

       
    • wiropendekarmuslim

      Februari 13, 2015 at 2:16 pm

      Hey domba!
      Ga usah ngeles dan berkelit kamu!

      To: Peter noster@
      Oky seto@
      Yuzar oka@
      Irfan@

      Kalian itu adlh domba semua!
      Misionaris dan pendeta kalian mmg picik dan sll melakukan segala cara utk menipu ,merusak aqidah dan serta memurtadkan Ummat Islam.
      Apa tujuan ayat bible dituliskan dlm bahasa Arab yg menyerupai Al-Qur’an itu kl tujuanya bukan untuk menipu dan mempermainkan Ummat Islam yg awam?
      Emangnya ummat minoritas kristen dinegeri ini bisa bahasa arab? Setan kalian semua,selalu saja membuat makar pd kaum Muslimin.

      Sadarlah kalian semua, ajaran kristen kalian itu ajaran sesat yg inti ajaranya mengajarkan kepicikkan dan pemaksaan dlm menyebarkan agama sesatnya!

      Yg patut disembah itu Allah, bukan Yesus!
      Itulah yg diajarkan Yesus dlm matius 7:21-23.
      Bertaubatlah wahai domba(kristen), jadilah manusia(Muslim) yg berakal!

       
      • Franky

        Agustus 4, 2016 at 8:24 pm

        Penjelasan yg cukup bagus.
        Jadi pengen beli kaos ato hiasan dindingnya buat pasang di rmh.
        Passs Banget.
        Abis itu cari lagi yg dlm bentuk tulisan Jepang, Korea, dan China.
        Biar tambah Siiiip.

        Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

         
  3. Ahmad Bagus

    September 25, 2012 at 9:17 am

    ASSALAMU ALAIKUM WR WB saudara Indrawidjaya !!!!! Terima kasih atas masukan & ilmunya, semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan rahmat & RidhoNYA buat anda. AAMIIN YAA ROBBAL ALAMIN……!!!!!

     
  4. Oky Seto

    Oktober 29, 2013 at 11:39 am

    Saudara Indrawidjaja….
    kenapa harus katakan musang berbulu ayam, toh ini hanya bahasa…. apakah setiap kaligrafi itu dipastikan sesuatu yang bernuansa islam. karena sempitnya pikiran kitalah yang mengasumsikan demikian…
    pandanglah sesuatu itu dari maknanya…. apakah menurut anda tanda + itu adalah tanda salib??? yang hanya dimiliki oleh saudara kita beragama nasrani ???

     
    • indrawidjaja

      Oktober 30, 2013 at 2:41 pm

      mungkin maudara Oky Seto belum pernah bertemu kalangan penyebar kaligrafi yang masuk ke keluarga anda dan sampai keluarga anda dengan kelemahan ilmunya sampai menghafal dan membacanya disetiap selesai sholat,

      anda belajarlah fiqih yang baik mas,,, inshaAllah anda akan tahu dan menjaga hati anda daripada ber-syirik kepada Allah,

      seudzon tidak diperbolehkan kepada saudara seiman, namun untuk yang tidak seiman seudzon itu dibutuhkan agar kita menjadi waspada, inshaAllah

       
  5. Yuzar Oka

    Mei 28, 2014 at 12:09 pm

    Kepada sahabat2 semua..
    Saya hanya ingin sedikit menambahkan, tanpa bermaksud membela, menyalahkan, apalagi memperdebatkan masalah ini.. Namun saya hanya coba melihat dari garis tengah. Pada dasarnya saya sangat setuju dengan saudara Oky Seto.., alangkah baiknya bila kita bepandangan lebih luas dan jangan berpikiran sempit.

    Sejak awal saya melihat kaligrafi tersebut, saya tau bahwa itu bukanlah ayat dari Al-Qurโ€™an, melainkan dari Alkitab, namun saya tidak melihat sedikit pun kesalahan pada kaligrafi tersebut, apalagi menyesatkan.. Seperti yang di katakan bahwa kaligrafi Islam sangat lah indah.. Jadi apakah salah..??, bila umat Kristiani ingin membuat kaligrafi dari ayat Alkitab mereka seperti itu..?? Bukankan seharusnya malah membuat umat Islam bangga..??

    Bila di bilang menyesatkan, saya berpikir jauh dari itu.., kenapa..??, saya sangat yakin, tentunya anda tidak akan membeli/memajang sesuatu tanpa anda mengerti artinya/maknanya..
    Apakah salah bila Alkitab di terjemahkan dalam bahasa Arab..? Lantas apakah itu juga menyesatkan..? hehehe…, tentunya kan tidak.., dan sekali lagi, sebelum kita membeli atau memajang, tentu kita harus tau apa yang akan hendak kita pajang atau beli..

    Jadi, ayolah kita jangan berpikiran picik atau sempit.., apalagi saudara indrawidjaja, dari photo profile saudara terlihat terpelajar, dan pastinya berwawasan sangay luas dan lebih bijaksana, bandingkan dengan saya, yang hanya sebagai penjaga warnet…, hehhehe…

    Dengan rendah hati, saya mohon maaf bila ada kata2 saya yang salah atau menyinggung saudara-saudari…

    Salam

     
    • indrawidjaja

      Mei 28, 2014 at 6:27 pm

      Apakah anda sudah pernah menemukan di rumah rumah muslim “ktp” yg memajang gambar ini dan memang tidak menyesatkan secara langsung, namun di beberapa kesempatan, mereka sedang dalam proses pemurtadan
      Saya hanya menyampaikan temuan lapangan, mohon maaf sebelumnya

       
  6. irfan

    Juni 10, 2014 at 12:27 pm

    Sdr. Indrawidjaya pikiran anda dan sebagaian umat islam terlalu dangkal dalam melihat sesuatu, saya geleng-geleng kepala tak habis pikir melihatnya kaligrafi kristen dibuat hanya untuk orang kristen, terutama kristen arab, apa kamu pikir diindonesia tidak ada orang arab yang beragama kristen, dan kalaupun itu dijual pastilah ditoko-toko buku kristen jadi tidak dijual bebas, jadi kalau anda katakan kaligrafi itu banyak dibeli orang islam, itu perlu dipertanyakan, apakah orang yang membeli tersebut tidak tahu toko buku itu toko buku kristen, kemudian apa dia tidak tahu apa arti tulisan kaligrafi tersebut, apa dia asal beli, karena itu tulisan arab, apakah ini yang anda katakan penipuan, umat islam yang salah beli, mengapa pula orang kristen yang anda fitnah,

    Jadi kalau orang islam banyak yang tidak bisa membedakan mana tulisan kaligrafi islam dengan tulisan kaligrafi kristen, otak orang islamnya itu yang perlu diisi pengetahuan apalagi menurut umat islam bahasa arab itu gampang koq dimengerti kalau mau mempelajarinya, jadi jangan karena orang islam tidak mau belajar lalu tidak bisa membedakan bahasa arab, pokoknya asal bahasa arab langsung saja dianggap itu adalah tulisan islam, itu salah kaprah namanya.

    Lagu qasidah ada yang berbahasa mandarin, apakah anda lihat orang mandiarin yang bukan beragama islam langsung membeli kaset dan CD lagu qasidah mandarin tersebut, begitu juga dengan lagu qasidah yang berbahasa inggris, batak dan lain-lain, orang inggris dan orang batak pasti bisa membedakan mana yang memang pantas dimiliki dan mana yang tidak, intinya adalah KECERDASAN DAN DAYA NALAR SESEORANG.

    I

     
  7. indrawidjaja

    Juni 15, 2014 at 5:27 pm

    Maaf pak saya belum approve karena saya tidak setiap hari membuka blog

    Pada kenyataannya, saya menjumpai kaligrafi ini di edarkan di daerah salatiga di perkampungan muslim, juga di klaten dan mojokerto, lalu jg di daerah kendari, di kalimantan kami temui di daerah sambas dijual umum sama sales berjalan, anda berkomentar dengan pengetahuan anda, bukan dari apa yang kami temui dilapangan, jadi anda harus paham dengan komentar anda, tulislah dari sudut pandang anda yg belum pernah kelapangan

     
  8. wiropendekarmuslim

    Februari 13, 2015 at 2:13 pm

    To: Peter noster@
    Oky seto@
    Yuzar oka@
    Irfan@

    Kalian itu adlh domba semua!
    Misionaris dan pendeta kalian mmg picik dan sll melakukan segala cara utk menipu ,merusak aqidah dan serta memurtadkan Ummat Islam.
    Apa tujuan ayat bible dituliskan dlm bahasa Arab yg menyerupai Al-Qur’an itu kl tujuanya bukan untuk menipu dan mempermainkan Ummat Islam yg awam?
    Emangnya ummat minoritas kristen dinegeri ini bisa bahasa arab? Setan kalian semua,selalu saja membuat makar pd kaum Muslimin.

    Sadarlah kalian semua, ajaran kristen kalian itu ajaran sesat yg inti ajaranya mengajarkan kepicikkan dan pemaksaan dlm menyebarkan agama sesatnya!

    Yg patut disembah itu Allah, bukan Yesus!
    Itulah yg diajarkan Yesus dlm matius 7:21-23.
    Bertaubatlah wahai domba(kristen), jadilah manusia(Muslim) yg berakal!

     
  9. Schumi

    Maret 1, 2015 at 1:14 am

    okay, let me get this straight. itu ga nyesatin, ada kok alkitab bahasa arab. itu bukan doa bapa kami bahasa islam, itu bahasa arab. dan bahasa orang kristen itu semua bahasa. you’re welcome, shalom. (and btw, shalom itu bahasa ibrani artinya damai, dan assalamualaikum itu bahasa arab artinya semoga damai bersamamu. jd lu bisa jawab shalom dengan waalaikumsalam, dan lu bisa jawab assalamualaikum dengan shalom) Jesus bless you ๐Ÿ™‚

     
    • wiropendekarmuslim

      Maret 3, 2015 at 10:48 pm

      Kl tujuanya bukan buat menyesatkan Ummat Islam lantas buat apa dibuat diindonesia?
      Emang gereja memajangnya?
      Emang gereja mengajarkan umat kristen bahasa arab?
      Emang kristen Indonesia bisa baca bahasa arab?
      Nggak kan?
      Jd jangan berkilah terus lah, udh jelas2 itu misinya penyesatan dan penipuan!
      Kristen penipu!

      Kenapa tdk ditulis dg bahasa ibrani sbg bahasa aslinya Yesus dan alkitab?
      Atau kenapa tdk bahasa yunani sbg bahasa utamanya perjanjian baru?
      Apa tujuan dibahasa arabkan?
      Sdh jelas2 bahasa arab adalah bahasanya Al-Qur’an nya Ummat Islam, knp dibaurkan?
      Kristen penipu!

      ……

      Jesus bless you?
      Baca Matius 7:21-23. Disana tertulis Yesus mengusirmu!
      Kristen penipu!

       
  10. otniel huang djoen

    Mei 10, 2015 at 9:18 am

    omong kosong jika pada bisa baca tulisan arab dan bisa mengartikannya toh gah usah dipajang yang merasa itu sesat berarti orang itu hanya islam di ktp masak tulisan arab kyk gitu ndak bs baca, sama halnya orang islam yg di indonesia knp bahasa arab ya tetep aja diartiin ke bahasa indonesia,
    Bagi anda orang muslim apakah anda tahu sebelum al-quran itu ada bahasa dan tulisan orang arab itu seperti apa?
    dan perlu kalian tahu saya orang kristen tp saya juga bisa bahasa arab, dan yang harus kalian perhatikan dimana letak kesalahan orang yg bukan muslim bisa berbicara, berbahasa dan menulis arab.
    kesimpulannya berarti mereka yang bukan kristen dan beli kaligrafi kristen sudah bisa dipastikan kalo mereka memang TIDAK BISA BACA TULISAN ARAB!

     
  11. al rohmad

    Juni 24, 2015 at 10:49 pm

    alhamdullilah,arab kristen pakai tulisan arab dan bahasa arab itu sah,kaligrafi arab boleh di pakai siapa saja yg penting isisnya tidak melecehkan alquran dan hadist.berdamailah wahai ummat Allah.

     
  12. bang sat

    Juni 29, 2015 at 12:58 am

    wkwkwk. jauh sebelum muslim mengerti kaligrafi. Kristen koptik, kristen timteng udah pake tulisan2 arab dari ayat2 bibel.

     
    • indrawidjaja

      Juni 29, 2015 at 5:25 am

      Hehehehe, kristen koptik dan semua ortodoxie menggunakan aramaic pak, dan memang itu bahasa asli bibel,,, anda paham bahasanya gak? Kalau enggak ya jangan mempermalukan diri anda disini ^_^

       
      • wisnu hadi pamungkas

        Maret 18, 2016 at 2:21 am

        Intinyaa..yg pd ribet2 soal agama itu yg pastinya tdk punya amal ibadah. Pd rajin sholat n ke gereja tpi tdk diamalkan perbuatan hidup kalian kesehariannya ?? Klo ada bencana atau musibahhh..apakah kalian mau tanya sm korbannya..AGAMAmu apa ?? RASmu apa ? KAYA atau MISKIN ?? Kan tdk kan ?? Lakukanlah yg terbaik buat siapapun tnp membedakan RAS SUKU atau AGAMA. Mau ALLAH ALLOH atau Sang Hyang Widi dll itu hanya sebutan nama terbaik bagi Pencipta alam semesta ? “Bhinneka Tunggal Ika”
        URIP Usaha Rukun Iman lan Prasodjo

         
  13. Pete N

    Juli 8, 2015 at 1:23 am

    Sdr/i para pembaca dan kommentator, sebelumnya saya hanya menyarankan :
    1. Pelajari dahulu sejarah darimana asal kaligrafi tsb (intinya kaligrafi tsb dibuat oleh Romo katolik yg memang bisa bahasa arab dan awalnya hanya untuk umat katholik) jadi misal ada yg menyalahgunakan itu merupakan manusia yg salah bukan kaligrafinya. Krn tdk ada yg bermaksud menyesatkan awalnya.

    2. Bahasa sesungguhnya ciptaan Tuhan bukan? Maka dari itu, bahasa bukan merupakan agama jadi bisa dipelajari terlebih dahulu apa itu Agama dan apa itu Bahasa karena kedua hal itu berbeda

    3. Memang betul kalau membeli seauatu pelajari terlebih dahulu maka sesuai saran pemerintah : Jadilah konsumen cerdas. Ok agan* semua.

    Setelah baca komentar ini bisa belajar dlu baru komen lagi ๐Ÿ˜‰ see all soon
    Terimakasih, Salam.
    “Cerdaslah dalam segala hal, maka sarannya adalah Belajarlah terus karena belajar tidak mengenal usia dan kecerdasan itu sesungguhnya berkembang” -PN-
    “Jadilah bijak pada apapun yang anda pelajari” -PN-

     
  14. abu rayhan

    Agustus 14, 2015 at 7:34 pm

    maha benar ALLOH bahwa dlm qur’an sdh dijelaskan dari lebih 14 abad silam al baqoroh ayat 120 bahwa yang namanya nasrani dan yahudi itu tidak akan rela/ridho kepada umat islam / islam dengan BERBAGAI CARA JAHAT MEREKA sampai umat islam di dunia ini mengikuti langkah / ajaran / tata cara hidup / pandangan hidup mereka ( nasrani / yahudi ). Dan kami tegaskan kepada kalian ( nasrani / yahudi ) bahwa kami JAUUUH LEBIH YAKIN terhadap apa yang diturunkan ROBB kami karena DIA lah 1 1 nya ROBB yang MAHA BENAR dan merunkan QUR’AN yang benar sampai ROBB kami memanggil kami atau memanggil anda wahai nasrani / yahudi.
    kepada yang terhormat saudaraku indrawidjaja, hengki, wiro pendekar muslim, ahmad bagus lebih dari cukup anda sudah menjelaskan kepada mereka ( nasrani / yahudi ) dan sesudah ini saya berharap tidak usah diladeni lagi alasan” mereka, terserah mereka mau apa karena jawabannya sudah ada dlm qur’an surah al baqoroh ayat 120 itu. bagi kami ISLAM 1 1 nya agama yang diridhoi ALLOH ta’ala dan agama yang HAQ / BENAR. selain ISLAM maka ketahuilah mereka akan mengalami kerugian dan azab baik duni terlebih di akhirat.
    wassalam

     
  15. Hendri Kurnia

    September 30, 2015 at 7:41 am

    Lo jangan nulis kayak gini, pas lo mati nanti….Tuhan lo sama………sama orang Kristen……..Nanti di surga cuma ada 1 Tuhan………………….Agama cuma ada di dunia……………… Agama ga ada yang menyesatkan, trgntung dari bagaimana sikap kita terhadap agama itu, mau menerima agama itu atau enggak….Ngerti?

     
  16. Andreas meylando

    Oktober 2, 2015 at 7:37 am

    Mat 5:44
    Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

    Artinya baik, jikalau kita mengikuti perintah ini, damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal manusia akan menyertai kita. Damai kami sepanjang hari.

     
  17. Agung Gambiran

    April 27, 2016 at 12:18 pm

    Doa Bapa kami ada dalam salah satu Injil.
    Injil turun lebih dahulu sebelum Muhammad SAW
    Salah satu Rukun Iman beriman kepada kitab-kitab; salah satunya Injil.
    Tetapi karena Injil sudah di putar balikkan maka doa Bapa Kami adalah sesat.

    mengucapkan Bapa kami yang di surga adalah sesat
    mengucapkan dimuliakan nama Tuhan adalah sesat.
    dan sebagainya dana sebagainya.
    Pokoknya sesat.

    Benar begitu Admin?

     
    • indrawidjaja

      September 6, 2016 at 4:44 pm

      yaps,, sesat,,, baca kitab aslinya aja ya pak

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: