RSS

Definisi Al Quran

15 Sep

Arti : al-Qur’an

Kalam (perkataan) Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam melalui Malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya (QS.Asy-Syuara [26] : 192-195).

Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.Al-Qur’an sebagai kitab Allah (kitab Allah) menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam dan berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Kata Al-Qur’an berasal dari kata kerja qara’a yang berarti membaca dan bentuk masdar (kata dasar) nya adalah qur’an yang berarti bacaan. Al-Qur’an dengan makna bacaan dinyatakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam beberapa ayat, antara lain dalam surah al-Qiyamah [75] ayat 16-18, Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur’an karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.QS. Al-Baqarah [2] ayat 185. Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil…….,QS. Al-Hijr [15] ayat 87 Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung.,QS. Thaha [20] ayat 2-3.

Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah; tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut kepada Allah,QS. An-Naml [27] ayat 6. Dan sesungguhnya kamu benar-benar diberi Al Qur’an dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.QS. Al-Ahqaf [46] ayat 29,

Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Qur’an, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata: “Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)”. Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan.QS. Al-Waqi’ah [56] ayat 77,

Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia,QS. Al-Hasyr [59] ayat 21,

Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah.  Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.QS. Al-Insan [76] ayat 23, Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur.  QS. Al-Isra’ [17] ayat 88. Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”.Al-Qur’an mempunyai beberapa nama, di antaranya adalah :

Alkitab atau Kitab Allah

QS.Al-Baqarah [2] : 2. Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,.QS. Al-An’am [6] : 114 Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Qur’an) kepadamu dengan terperinci?  Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.Al-Furqan yang berarti pembeda antara yang benar dan yang batil

QS. Al-Furqon [25] : 1 .Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al Qur’an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam,Az-Zikr yang berarti peringatan

QS.Al-Hijr [15] :9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an (Az-Zikr), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.At-Tanzil yang berarti diturunkan

QS. Asy-Syuara [26] : 192. Dan sesungguhnya Al Qur’an (At-Tanzil)  ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam,Selain itu nama Al-Qur’an ialah Al-Huda (petunjuk), Ar-Rahmah (kasih), Al-Majid (mulia), Al-Mubarak (pembawa berkah), dan An-Nazir (pemberi per­ingatan).

Imam as-Suyuti (1) dalam bukunya al-Itqan fi’Ulum Al-Qur’an (Tentang Ilmu-Ilmu Al-Qur’an) juga menyebut beberapa nama, yaitu Al-Mubin (penjelas), Al-Karim (yang mulia), Al-Kalam (fir­man Tuhan), dan An-Nur (cahaya).Para ulama berbeda pendapat tentang hakikat Al-Qur’an.

Imam

al-Gazali (2) dalam kitab al-Mustasfa min ‘Ilm al-Usul (suatu kitab yang membahas masalah-masalah usul fikih) menjelaskan bahwa hakikat Al-Qur’an adalah kalam yang berdiri pada Zat Allah SWT, yaitu salah satu sifat di antara sifat-sifat Allah SWT yang kadim (tidak bermula). Menurut mutakalimin (ahli teologi Islam), hakikat Al-Qur’an ialah makna yang berdiri pada Zat Allah SWT.

Adapun menurut golongan

Muktazilah (3), ha­kikat Al-Qur’an adalah huruf-huruf dan suara yang diciptakan Allah SWT yang setelah berwujud lalu hilang dan lenyap. Dengan pendapat ini kaum Muktazilah memandang Al-Qur’an sebagai makhluk (ciptaan) Allah SWT. Karena itu, Al-Qur’an bersifat baru, tidak kadim.

Posted with WordPress for BlackBerry.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 15, 2010 in Islam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.667 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: